'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
Training Kader TB-HIV Care Komunitas SSR Aisyiyah Kota Tasikmalaya
29 Desember 2016 12:30 WIB | dibaca 421

 

Training Kader TB-HIV Care Komunitas SSR Aisyiyah Kota Tasikmalaya di wilayah Kecamatan Mangkubumi dilaksanakan pada tanggal 19 - 21 Desember 2016. Pelatihan training diikuti oleh 24 peserta selama kurang lebih lima hari. Para peserta diminta berperan aktif semaksimal mungkin untuk mampu memutus mata rantai penderita TB-HIV.

Beberapa program pelatihan antara lain mengidentifikasi apa itu TB, perekrutan kader TB-HIV Care, menemukan suspect terduga penderita lama dan baru, pendampingan menelan obat (PMO), serta menyembuhkan sampai tuntas.

Program pengobatan ini dilakukan dalam jangka yang cukup lama yaitu sekitar enam bulan. Program pelatihan mengidentifikasi apa itu TB dilakukan di lapangan dengan praktek kegiatan, kemudian dilakukan review di kelas apa yang sudah dipraktekkan. Selanjutnya program perekrutan kader dilakukan di lingkungan kader PKK yang aktif dengan metoda monitoring evaluasi yang dilakukan setiap 2 kali dalam 4 bulan. Program menemukan terduga penderita baru dan lama, dilakukan oleh kader dengan mengidentifikasi langsung ke masyarakat dan bekerja sama dengan program pendampingan menelan obat untuk memastikan bahwa pengobatan berlangsung dengan baik dan berhasil sampai sembuh.

Diharapkan melalui program ini setiap kader mampu menggoalkan pembebasan TB-HIV khususnya di wilayah masing-masing dan umumnya untuk wilayah kota Tasikmalaya. (admin)

Shared Post:
Arsip Berita
Berita Terbaru
Berita Terkomentari